XtGem Forum catalog
HomeBlogAbout me

Strategi Digital Marketing

Digital marketing saat ini emang lagi gencar-gencarnya dicari oleh banyak perusahaan. Apalagi saat pandemi seperti ini, dimana kita nggak bisa bertemu orang secara langsung. Digital marketing adalah jalan keluar terbaik untuk tetap melakukan penjualan di tengah pandemi.

Ngomongin tentang digital marketing nih Anda, kamu tau nggak sih kalau digital marketing ini juga dikenal sebagai seni menjual tanpa harus bertatap muka. Dari namanya aja udah digital, otomatis penjualan juga dilakukan secara digital. 

Apalagi dengan dukungan IoT atau Internet of Thing, dimana saat ini semuanya menjadi serba online. Kamu bisa berjualan di mana aja, kapan aja, tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan untuk melakukan penjualan door to door.

Dengan digital marketing, kamu sebagai penjual hanya cukup membuat impresi jauh sebelum seseorang bertatap muka dengan kamu Anda. Bahkan dengan digital marketing, kamu bisa mendapatkan impresi yang super cepat hanya lewat smartphone dan konten yang dibuat. Download versi terbaru di amazingindonesia.id 

Bayangkan seberapa penting digital marketing untuk perusahaan dan bisnis pribadi. Pun kamu nggak perlu khawatir kalau kamu ingin mendalami seputar digital marketing untuk bisnis yang kamu jalankan. Karena kami hari ini bakal memberikan informasi tentang strategi digital marketing paling ampuh. Apa aja tuh?

Pentingnya Digital Marketing

Sebelum kita terlalu jauh, kami bakal memberikan insight ke kalian nih Anda tentang kenapa sih digital marketing itu penting dan kenapa bisnismu perlu digital marketing. Kira-kira kenapa ya?

Alasan paling kuat untuk memulai digital marketing adalah karena saat ini udah ada 171 juta penduduk Indonesia yang go online alias menggunakan internet. Itu tandanya ada 64,8 persen penduduk di Indonesia yang selalu aktif berselancar di internet.

Dengan jumlah yang kami sebutkan, digital marketing menjadi alasan untuk kamu mulai menggunakannya dalam proses menaikkan penjualan. Apalagi menurut Google, saat ini ada 87 persen populasi dunia yang bergantung pada mesin pencari untuk mencari sesuatu dan udah pasti kamu termasuk orang di dalamnya.

Strategi Digital Marketing

1. Buat Konten dan Copywriting

Digital marketing itu selalu tentang membuat impresi awal terhadap pelanggan dalam waktu yang super cepat. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mulai membuat konten yang menarik dan juga membuat copywriting yang nggak kalah menarik. 

Dengan digital marketing, kamu dituntut untuk membuat para pelanggan untuk bisa mencicipi rasa dari produk makanan yang kamu buat atau membayangkan jasa yang kamu tawarkan. Dengan konten dan copywriting, kamu bisa mengarahkan pelanggan ke bisnis yang kamu punya!

2. Perhatikan Foto

Dalam proses membuat konten kamu harus memperhatikan foto yang kamu ambil dalam bentuk apapun. Kamu harus memerhatikan komposisi warna, detail barang atau jasa, serta angle yang diambil.

Semua bisnis yang dipasarkan dengan digital marketing selalu bergantung dengan kualitas foto yang diambil. Jangan sampai kamu mengambil foto yang justru membuat para pelangganmu enggan untuk sekadar mampir ke akun instagram atau website kamu!

3. Jangan Lupa Buat Website

Dengan digital marketing kamu juga harus bisa memanfaatkan segala sumber daya yang ada. Dalam hal ini, kamu bisa memanfaatkan digital marketing untuk menaikkan penjualan lewat berbagai macam platform. Salah satu platform-nya adalah website, kamu bisa mulai melakukan penjualan dengan digital marketing menggunakan website!

4. Jangan Lupakan SEO

Seperti yang udah kami bahas di artikel sebelumnya tentang content writing dan SEO, kamu juga bisa melakukan optimasi website dengan menggunakan SEO untuk keperluan digital marketing. Kamu juga bisa memanfaatkan SEO untuk optimasi akun e-commerce dan instagram kamu loh Anda.

5. Manfaatkan Media Sosial untuk promosi

Kamu tau nggak sih kalau penduduk Indonesia termasuk ke dalam penduduk yang paling konsumtif dalam bersosial media. Apalagi sosial media ini menjadi senjata utama dalam digital marketing.

Saat ini penggunaan sosial media adalah salah satu langkah paling ampuh untuk menerapkan digital marketing. Dengan sosial media kamu bisa memanfaatkan Instagram ads untuk memasarkan produk kamu dan membuat promosi. Nggak cuma itu, kamu juga bisa menggunakan sosial media untuk mejaring lebih banyak pelanggan.

6. Gencarkan promosi dan iklan

Promosi dan iklan juga menjadi senjata ampuh dalam strategi digital marketing. Kamu bisa memanfaatkan berbagai tools promosi dan juga wajib banget untuk membuat iklan tentang promosi ataupun tokomu sendiri.

Kamu juga bisa banget memanfaatkan KOL atau para influencer untuk memasarkan promosi yang sedang kamu gencarkan.

Itu dia Anda strategi digital marketing yang bisa kamu lakukan. Jangan lupa untuk belajar tentang digital marketing dan jangan takut untuk gagal yah! Update terbaru klik www.royalriders.id 

Back to posts